Search This Blog

Sunday, December 24, 2017

Waterproof atau Water Resistant ?

Apa perbedaan antara Waterproof dengan Water Resistant?

Jika ada produk yang disebutkan sebagai yang Water Resistant, berarti produk itu bisa tahan terhadap efek air hujan, salju dan efek basah-basah lainnya, tapi, jangan sampai lupa... JANGAN dicelupkan atau dibenamkan/ditenggelamkan ke dalam air.

Gamblangnya atau lebih jelasnya, jika ada produk disebutkan sebagai Waterproof, berarti komponen produknya memang didesain supaya bisa bertahan secara TOTAL, jika dicelup atau ditenggelamkan ke dalam Air.

ki-ka: water resistant LCD TV - waterproof girl, oops.. walkman
Dalam hal perbedaan kualifikasi ini pada suatu produk, ada namanya skala rating IP, yang terdiri dari IPX0 sampai IPX8 (dipakai juga rating ini oleh bidang militer). IPX tersebut menjelaskan tingkat/derajat kemampuan perlindungan dari produk itu sendiri; jika angka nilai "0" mengiringi IPX mengandung arti: "jangan sekalipun meletakkannya dekat -bahkan setetes air hujan pun atau kemungkinan terkena percikan air lainnya"; dan makin tinggi nilainya ("8").

Contoh lainnya, ada juga beberapa produk handphone yang tahan air dengan kualifikasi IPX5 (tengok lebih lanjut di link ini Sony Mobile), atau bahkan produk arloji, speaker, remote control, compo, dan lain sebagainya.

Jadi makin tinggi nilai angka yang disandangnya, maka makin bagus tingkat kemampuan defensif-nya terhadap efek buruk air; terutama jika barang itu produk elektronik yang sayang jika sampai rusak, contohnya bisa sampai timbul bocoran kelembaban, kondensasi atau berkarat dan lainnya. 

Berikut daftar urutannya :

  • IPX 0 = non protektif 
  • IPX 1 = protektif terhadap kondensasi atau tetesan air (yang jatuh secara vertikal) 
  • IPX 2 = protektif terhadap air yang disemprotkan secara miring (arah asal hingga tujuan) hingga kemiringan 15°. 
  • IPX 3 = protektif terhadap air yang disemprotkan secara miring (arah asal hingga tujuan) hingga kemiringan 60°. 
  • IPX 4 = protektif terhadap percikan (cipratan) air, dari kemiringan bagaimanapun. 
  • IPX 5 = protektif terhadap kucuran air (ringan) dari berbagai kemiringan. 
  • IPX 6 = protektif terhadap kucuran air bertekanan tinggi dari berbagai kemiringan. 
  • IPX 7 = protektif terhadap dicelupkan ke dalam air (celupan selama 30 menit pada kedalaman air hingga 1 meter). 
  • IPX 8 = protektif terhadap rendaman air atau tenggelamnya di dalam air secara terus menerus -sesuai kondisi airnya itu sendiri. 
Kesimpulannya: produk dengan embel-embel WATERPROOF berarti yang paling basah, eh.. maksudnya yang paling tahan air (tetapi cek juga rating IPX-nya), sedangkan untuk WATER RESISTANT, ya jangan terlalu berharap untuk (contoh) berenang sambil memakai produk yang WATER RESISTANT.