Search This Blog

Sunday, December 24, 2017

Tips Pencarian dengan Google


Siapa yang tidak kenal dengan search engine nomor wahid dunia, Google. Sebagai salah satu search engine yang paling banyak dipakai oleh para netter (dengan terjemahan Indonesianya yaitu "search engine sejuta umat", yang juga sering dipanggil dengan sebutan Mbah Google, Oom Google atau Uncle Google. Sedemikian beragamnya informasi apapun dapat kita cari secara cepat dan hampir 90% tepat atau akurat sehingga sesuai dengan yang kita perlukan saat melakukan pencarian, baik berupa softfile dokumen (softfile Excel, Word, portable document format / pdf, dll), gambar-gambar, musik, film dan lainnya.
Logo Google inisial "G" & Typograph Google © Copyright Google, Inc.


Nah, sekedar berbagi tips, berikut ini tips pencarian dengan Google dengan optimalisasi hasilnya, sehingga kita dapat mengefisiensikan waktu, tenaga dan mungkin, biaya dan hasilnya pun jelas efektif. Optimalisasi itu bisa dilakukan dengan cara penambahan teknik pengetikkan pencarian data atau boleh disebut sebagai rumus/formula (seperti kutipan salah satu iklan consumer good di TV: "... selalu ada formulanya!"). Cekidot :

filetype:
Opsi ini digunakan untuk mencari tipe file tertentu (contoh: bubuhkan file extension nya).
Contoh pemakaian:
filetype:jpg (tambahan untuk diketik mencari file gambar bitmap berekstensi jpg / jpeg), atau filetype:doc (untuk mencari file Microsoft Word). 

inurl:
Opsi ini digunakan untuk mencari kata tertentu yang “masuk” sebagai URL-nya. Dengan opsi ini warganet dapat melakukan pencarian pada folder tertentu (jika dikombinasikan dengan opsi “index of ” - tanpa tanda kutip ganda).

Contoh pemakaian:
inurl:multimedia (pencarian ini menghasilkan URL website yang mempunyai kata “multimedia” )

site:
Opsi ini secara spesifik digunakan untuk melakukan pencarian pada situs tertentu.

Contoh pemakaian:
site:en.wikipedia.org “digital graphic” (mencari dengan keyword “digital graphic” pada situs wikipedia versi bahasa Inggris. Jika ditambahkan tanda kutip, maka akan menjadi akurasi kata keyword tersebut menjadi 100%, tanpa pencarian terhadap penggalan-penggalannya saja / kata utuh yang sesuai dalam tanda kutip; baik itu posisi ataupun pengertiannya) 

intitle:
Opsi ini digunakan untuk mencari kata tertentu yang terdapat pada title atau judul dari halaman web.
link:
Opsi ini digunakan untuk mengetahui situs mana saja yang nge-link ke situs tertentu lainnya, misalnya begini:

link:kaskus.us (mencari situs yang mempunyai link ke http://kaskus.co.id) atau warganet juga dapat mengkombinasikan berbagai opsi tersebut di atas untuk mendapat hasil pencarian yang jauh lebih spesifik, contohnya lagi seperti ini:

pdf “4shared.com/files” site:4shared.com (untuk mencari buku atau file pdf di website www.4shared.com).

+inurl:exe|rar|zip site:4shared.com (dipakai untuk mencari program/software atau aplikasi lainnya di website www.4shared.com.

Oya, jangan lupa, Pembaca juga dapat mengganti site:4shared.com tersebut dengan yang lainnya yang termasuk para provider online file hosting atau online storage / cloud seperti contohnya: site:filehippo.com untuk mencari file software atau berbagai website lainnya seperti: indowebster.com, kuyhaa-android19.com , cnet.com dan lain sebagainya.

Silakan dicoba!

Catatan Redaksi: selain Google, ada berbagai mesin pencari di dunia maya seperti: Yahoo.com, Bing.com (Microsoft search engine), dan banyak lainnya. FYI: salah satu yang memiliki 'kebanggaan' (menurut developer-nya) terkait urusan privasi, dimana mereka tidak akan menyimpan dan atau me-record apalagi menjual data penelusuran/profil warganet saat menggunakannya adalah DuckDuckGo.com - silahkan dicoba bagi warganet yang tidak ingin terekam aktifitasnya sama sekali - baik dikenali dari akun yang aktif, IP, dsb.